Digital Marketing
Digital Marketing merupakan suatu cara merketing dari sebuah brand atau
produk dengan menggunakan media digital mulai dari televisi, radio, internet
dan lain sebagainya. Internet marketing menjadi salah satu teknik dalam digital
marketing yang mana jenis pemasaran ini sangat efektif di bandingkan dengan
conventional marketing atau pemasaran offline seperti door to door, penyebaran
marketing kit berupa brosur dan poster, billboard, iklan media cetak dan
lain-lain. Dengan kata lain, digital marketing digunakan sebagai tools atau
alat untuk meningkatkan kinerja pemasaran agar lebih efektif.
Digital marketing
menjadi teknik pemasaran yang sangat populer di seluruh dunia. Teknik ini
memungkinkan Anda memiliki nilai serta memberikan keleluasaan waktu bagi target
untuk membaca atau mencari tahu detail produk kita. Hal ini tak akan Anda
dapatkan pada pemasaran conventional, seringkali kita mendapati brosur-brosur
yang tak terpakai atau terbuang sia-sia sehingga menjadi pemborosan resource
pada jenis pemasaran ini. Demikian juga dengan pemasaran door to door,
seringkali para salesman menawarkan produk atau jasanya pada waktu yang kurang
tepat, bahkan pada pemasaran telemarketing seringkali kita menerima penawaran
sebuah kartu kredit atau investasi di waktu yang di rasa kurang tepat.
Ada 3 hal yang harus dilakukan seorang Digital Marketing:
1.Membuat perencanaan marketing plan online.
Untuk
membuat perencanaan marketing plan online Anda harus mengerti internet untuk
menjadi seorang digital marketing. Selain itu Anda juga wajib mengikuti
segala perkembangan tren teknologi yang ada.
2. Membuat konten website.
Pernah dengar tentang istilah seperti ini “Content is The King” ??
Jika sudah, pernyataan tersebut memang benar. Salah satu skill yang wajib
dimiliki oleh seorang Digital Marketing adalah mampu membuat artikel untuk
mengisi konten website. Artikel di sini merupakan strategi untuk Soft
Selling. Apa itu Soft Selling? Soft Selling adalah
menjual secara halus. Jadi saat Anda membuat artikel sebisa mungkin konten
haruslah menarik, bermanfaat, relevan dengan bisnis perusahaan, dan yang
terakhir adalah menjual secara halus di akhir artikel.
3.Promosi.
Apa Anda sudah cukup paham dengan
Facebook, Twitter, Kaskus, dll? Jika jawaban Anda adalah IYA maka selamat Anda akan
lebih mudah menjadi seorang digital marketing. Selain membuat Perencanaan
marketing online, dan membuat konten website, tentunya Anda harus mempromosikan
produk perusahaan menggunakan sosial media yang ada. Untuk standard-nya sih
Facebook dan Twitter cukup. Tapi kalau Anda ingin Profesional, cobalah sosial
media lainnya seperti Plurk, Instagram, Linkedin, dan sebagainya.
Tujuan dari promosi ini adalah memperkenalkan
perusahaan sekaligus produknya kepada pengguna internet, sekaligus meningkatkan
visibilitas brand perusahaan tersebut. This is very easy and Fun.
No comments:
Post a Comment